Penerbitan Buku

Pertemuan ke-30 KBMN PGRI Gel-28
Hari         : Jum'at, 17 Maret 2023
Tema     : Penerbitan Buku
Narasumber : Mukminin, M.Pd.
Moderator : Muliadi, M.Pd.

Dokpri KBMN PGRI Gel-28 

Bismillahirrahmaanirrahiim
Malam ini merupakan pertemuan ke-30 dan menjadi kelas terakhir belajar menulis. Bersama KBMN PGRI Gel-28 asuhan OmJay tanpa terasa sudah kita lewati 30 kali dan tentunya 30 resume akan siap kita rajut dan disusun menjadi buku yang bermutu. Tawarkan ke penerbit Andi Yogyakarta, semoga disetujui. Bila ditolak atau merasa naskah bukunya belum layak jual, maka tawarkan ke penerbit indie. Dengan senang hati para penerbit itu akan menerimanya dengan tangan terbuka

Malam ini moderator kita Bapak Muliadi, M.Pd. dan narasumber Bapak Mukminin, M.Pd. akan memaparkan materi "Usaha Penerbitan Buku" yang menjadi materi terakhir kita. Semoga ini bisa memotivasi kita menjadi seorang penulis sekaligus penerbit buku yang sukses suatu saat nanti seperti narasumber kita ini.

Dengan adanya kecanggihan teknologi membuat dua laki-laki sukses ini berkolaborasi malam ini. Sang moderator dari kota Tolitoli Sulawesi tengah dan narasumber dari kota Lamongan Jawa timur. Kami dipertemukan dalam kelas menulis online dengan menggunakan Whatsapp sebagai media belajar.

Menerbitkan buku bagi seorang penulis adalah sebuah mahkota. Ini merupakan salah satu mata rantai dari aktivitas menulis. Tulisan yang tersimpan begitu saja, tidak diterbitkan tentu akan kurang pengaruhnya baik bagi diri si penulis maupun orang lain. Penulisnya tidak dikenal, sedangkan  ide dan gagasan si penulis pun tidak tersampaikan.


Nah, malam ini kita akan bahas bersama pakarnya. Seorang pengusaha penerbitan buku. Kita  akan melihat dari sisi bisnis atau usahanya. Apa dan bagaimana usaha penerbitan buku itu? Mungkin para peserta bisa menanyakan perihal penerbitan buku pada Beliau.

Sebelumnya kita kenalan narasumber hebat kita malam ini. Beliau adalah Mukminin, S.Pd.,M.Pd. Lahir di Jombang, 6 Juli 1965. Alumni D2  IKIP NEGERI Surabaya th.1987. Lulus S 1 IKIP PGRI Tuban 1998. Menyelesaikan S 2 UNISDA LAMONGAN 2012. Jurusan Bahasa dan Sartra Indonesia. Beliau merupakan guru di SMP I Kedungpring Lamongan sejak 1989 sampai sekarang. Tiga puluh tahun lebih pengalaman mengajar. Beliau dikenal dengan sapaan akrab Cak Inin. Cak Inin juga merupakan alumni kelas menulis asuhan OmJay gelombang ke-8.

Di dunia tulis menulis:, beliau telah menulis 6 buku solo, berikut bukunya:
1.  55 Pantun Nasihat  th.2020 penerbit Kelompok Majas Bojonegoro.
2. Jurus Jitu Menjadi Penulis Handal Bersama Para Pakar.  Penerbit Kamila Press 2020. Merupakan buku terlaris.
3. Kidung Hati ( Kamila Press Lamongan, 2021)
4. LARON Kumpulan Puisi 2.0 ( KAMILA PRESS LAMONGAN, 2022)
5. Nusantara Berpantun Antologi 65 Pantun Nasehat ( Kamila Press 2022).
6. Dari Pengantar Jadi Buku ( Kamila Press 2022).

Masih banyak lagi buku karya beliau dan keaktifannya sebagai penggerak literasi, memberi pelatihan menulis, narasumber dan kegiatan di berbagai organisasi. 
Untuk mengenal lebih dekat berikut biodata beliau: https://cakinin.blogspot.com/2020/10/curiculum-vitae.html

Awal mula berdirinya Kamila Press ketika Cak Inin diminta menerbitkan buku oleh temannya, Bu Rosita. Dengan keyakinan beliau ambil tantangan itu. Saat itu diminta membuat percetakan dan bergabung dengan percetakan  buku temannya. Sementara ISBN bergabung di percetakan temannya. Hingga akhirnya makin berkembang seperti sekarang ini. Kamila Press sudah banyak membantu penerbitan buku-buku baik untuk instansi ataupun perorangan. Kehadiran Kamila Press sudah banyak membantu menggerakkan tumbuhnya literasi, terutama untuk para guru yang ingin menerbitkan karyanya. Untuk menerbitkan buku tentunya para guru ingin melahirkan karya buku ber-ISBN.
Berikut ini syarat-syarat mengajukan nomer Buku Ber-ISBN:
1. Penerbit harus mempunyai Link berbayar
2. Buku yang diajukan no. ISBN harus dikirim lengkap ke Web Perpusnas :
a. Cover buku
b. Permohonan ISBN Buku ke Perpusnas Nasional oleh penanggung jawab penerbit (Direkturnya)
c. Surat Pernyataan Keaslian Karya bermaterei 10.000 dan ditandatangani penulis, serta mengetahui penanggung jawab penerbit disertai stempel penerbit
d.Naskah buku yg sudah dilayout bentuk PDF lengkap atau utuh satu buku harus diberi WATERMAK, serta nama judul buku dan peberbit.

Semoga makin menambah semangat berkarya para guru dalam menulis dan menerbitkan buku-bukunya. Terus berkarya untuk bangsa. Sebagai motivasi kita semua berikut Quote dari mujahid  mesir: "Satu peluru hanya mampu menembus satu kepala, tetapi satu tulisan bisa menembus ribuan dan bahkan jutaan kepala." (Sayyid Qutb).

Yogyakarta, 17.03.2023
Salam Literasi

Sri Rejeki_Kiki, guru SDIT Anak Sholeh. Ibu tiga anak yang tinggal di kota gudeg. 

Comments

Popular Posts