SDIT Anak Sholeh mengikuti Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) Berbasis Komputer 2023

Dokpri pelaksanaan ASPD BK SDIT Anak Sholeh Sedayu Yogyakarta

Pagi ini sekolah jenjang SD di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan ASPD. Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) Berbasis Komputer (BK) ini diikuti siswa-siswi kelas 6.

Materi ASPD terdiri dari soal-soal pilihan ganda. Ini mencakup soal-soal yang cukup kompleks. Termasuk soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau soal yang memerlukan kemampuan analisis yang tinggi.

Kemampuan membaca soal dengan memahami pengertian dengan tepat menjadi salah satu kunci utama dalam mengerjaksn soal.

Baik mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika maupun IPA semua membutuhkan kemampuan literasi yang baik. Dengan kemampuan memahami soal dengan tepat diharapkan siswa tidak kesulitan mengerjakan soal ASPD BK 2023 ini.

Untuk itu SDIT Anak Sholeh mempersiapkan siswa-siswi kelas 6 dengan mrndampingi latihan dan membahas soal secara intensif.

Anak-anak sudah dipersiapkan beberapa bulan sebelum ASPD. Di mana ustadz/ustadzah di SDIT Anak Sholeh mendampingi belajar secara intensif.

Pendampingan ini difokuskan pada ketiga mata pelajaran saja. Yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Diharapkan dengan dikuatkan dengan belajar tambahan dari ustadz ustadzah, siswa akan memperoleh hasil ASPD yang memuaskan.

Pagi ini nampak semangat dan kesiapan siswa-siswi melaksanakan ASPD. Semua terlihat dari senyum dan ceria siswa. Meski pastilah ada rasa dag dig dug dan sedikit cemas. Yang pasti ikhtiar dan kerja keras para guru dan siswa sudah optimal menghadapi ASPD BK 2023.

Jadwal ASPD BK SD 2023 Yogyakarta dilaksanakan selama 3 hari. Dimulai hari Senin, 22 Mei 2023 hingga Rabu, 24 Mei 2023.

Adapun untuk jadwal  ASPD di hari ini, Senin adalah Literasi Membaca ( Bahasa Indonesia). Besuk pagi, hari Selasa ASPD Literasi Numerasi (Matematika). Sedangkan hari Rabu jadwal ASPD Literasi Sains (Ilmu Pengetahuan Alam)

Pemerintah DIY juga menjadwalkan ASPD susulan. ASPD susulan akan berlangsung Senin sampai Rabu tanggal 29 Mei 2023 sampai 31 Mei 2023.

Meskipun ASPD bukan menjadi acuan penentu kelulusan siswa, namun nilai ASPD akan digunakan untuk mendaftar ke jenjang selanjutnya. Jadi untuk masuk ke SMP negeri atau MTsN di seluruh propinsi DIY menggunakan hasil ASPD ini. Selamat berjuang anak-anakku. Sukses ASPD, sukses para siswa dan guru, sukses generasi Merdeka Belajar. 

Penulis: Kiki_S.Rejeki 

Comments

Post a Comment

Popular Posts