Perbedaan Hari Raya Iedul Adha

dokpri sholat Iedul Adha 

Gema takbir sejak hari Selasa sore sudah berkumandang. Sahut menyahut lantunan takbir anak-anak dan bapak-bapak meramaikan suasana malam di perumahan Taman Sedayu  Yogyakarta.

Meskipun ada perbedaan Hari Idul Adha, namun tak menyurutkan semangat anak-anak untuk takbiran. Di komplek Perumahan Taman Sedayu dan beberapa wilayah di sekitar Sedayu sudah mengadakan sholat Ied hari Rabu, 28 Juni 2023.

Meski tidak semua warga menjalankan sholat ied bersamaan, tapi suasana kebersamaan sangat terasa. Beberapa warga ada yang sedang menjalankan puasa Arafah, dan sholat Ied hari Kamis, 29 Juni 2023.

Di sinilah indahnya perbedaan di komplek perumahan yang asri ini. Seperti indahnya umat muslim Indonesia dalam menyikapi perbedaan Iedul Adha tahun ini. Sebagaimana himbauan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Beliau menghimbau untuk menyembelih hewan kurban di hari Kamis. Meskipun beliau juga tidak melarang yang menyembelih hewan kurban hari Rabu.

Karena masih ada yang puasa, maka warga sepakat hari Kamis untuk penyembelihan hewan qurban. Semua itu agar tetap terjalin kebersamaan dan kerukunan warna di tengah perbedaan.

Kekompakan warga perumahan Taman Sedayu tidak hanya saat ibadah sholat. Saat penyembelihan hewan qurban, bapak-bapak bergotong-royong mempersiapkan tempat dan perlengkapan di lokasi penyembelihan. Tak hanya umat muslim saja, namun warga nasrani juga ikut membantu kegiatan ini. Kekompakan itu sesuai dengan motto perumahan kami "Tetanggaku Saudaraku".

Alhamdulillah  kali ini perumahan kami menyembelih 12 ekor kambing dan 1 ekor sapi. Ibu-ibu dan bapak-bapak bergotong royong mencacah daging dan membungkus untuk segera dibagikan. Daging qurban dibagikan ke seluruh warga perumahan, penduduk sekitar dan beberapa daerah terpencil di Yogyakarta.

Nuansa gotong-royong masih hangat terasa di sini. Ibu-ibu masak soto, bapak-bapak menghandle daging kurban. Selesai bungkus-bungkus daging kurban, panitia dan warga komplek makan siang bersama. Kemudian tim pendistribusian daging bergerilya muterin komplek dan warga di sekitar perumahan. Selesai sudah kegiatan Iedul Adha kali ini. Semoga banyak keberkahan untuk masyarakat pada umumnya dan kaum muslim khususnya. 

Comments

Popular Posts